Mon. Mar 30th, 2020

Kematian Akibat Corona Terus Bertambah

Virus Corona atau bisa disebut novel Coronavirus (nCoV ) adalah jenis virus yang masih bagian dari familia Coronaviridae. Virus ini menyebabkan penyakit pada unggas dan mamalia pada mulanya, namun akhir-akhir ini sangat ramai beredar tentang penyebaran virus ini yang mulai menjangkiti manusia. Virus ini gejalanya mirip dengan flu tetapi memiliki potensi mematikan yang lebih tinggi seperti MERS dan SARS.

Wabah Coronavirus ini pertama kali muncul pada awal Desember 2019, di kota Wuhan, Tiongkok. Coronavirus sebenranya sudah ditemukan pada tahun 1960-an yang mana saat itu adalah virus yang menjangkiti ayam dan dua virus lainnya dari rongga hidung manusia dengan flu biasa yang kemudian dinamai human coronavirus 229E dan human coronavirus OC43.

Beberapa dekade kemudian, ditemukan beberapa anggota familia dari jenis virus tersebut pada tahun 2003 yang ramai disebut SARS atau SARS-CoV, kemudian HCoV NL63 pada 2004, HKU1 pada 2005, MERS-CoV pada 2012, dan 2019-nCoV pada akhir 2019; kesamaan gejala dari beberapa manusia yang terinfeksi anggota familia virus tersebut adalah gangguan pada saluran pernapasan.

Sampai saat ini (30/01/2020), angka korban jiwa yang disebabkan oleh virus ini menyentuh angka 100. Beberapa negara, salah satunya US sudah memberikan himbauan kepada warganya, instansi-instansi, maupun perusahaan-perusahaan yang memiliki kepentingan untuk terbang ke Tiongkok agar ditangguhkan sementara guna mengurangi risiko terdampak dari penyebaran virus tersebut. (Sumber : Bloomberg)

Sampai saat ini, belum ada vaksin atau obat untuk menyembuhkan para penderita. Adapun upaya yang bisa dilakukan guna mengurangi risiko penularan menurut rekomendasi WHO yaitu :

  • Cuci tangan secara berkala dengan sabun berbasis alkohol dan air
  • Tutup mulut dan hidung anda menggunakan tisu atau dengan cara menekuk lengan anda. Setelah itu, buang tisu dan cuci tangan anda
  • Hindari berdekatan dengan penderita demam dan flu ataupun batuk
  • Masaklah bahan bakanan seperti daging dan telur hingga matang
  • Hindari kontak langsung dengan hewan liar maupun hewan ternak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blogs

Group Members does not create any posts yet