Mon. Mar 30th, 2020

Yogyakarta Darurat “Klitih”

Pada akhir pekan lalu, salah satu pengendara Ojek Online menjadi korban anarkisme mereka dengan luka di wajahnya

Pagi ini, hashtag #DIYDaruratKlitih menjadi salah satu trending di Twitter, banyak muncul pertanyaan tentang istilah “Klitih” itu sendiri. “Klitih” merupakan bentuk anarkisme yang dilakukan oleh segerombolan remaja dengan cara melukai atau menyakiti lawannya yang seringkali menggunakan senjata-senjata tajam layaknya pisau, pedang, dan lainnya. Biasanya mereka bergerombol menggunakan sepeda motor samba berboncengan. Dalam kata lain, “Klitih” adalar geng atau gerombolan anak-anak “tanggung” SMA/SMK yang lagi senang-senangnya menunjukkan jati diri mereka dengan cara anarkis.

Awalnya mereka melakukan kekerasan ditujukan hanya kepada lawan-lawannya, tetapi belakangan, mereka sering menyasar pengendara yang sedang berkendara sendiri di malam hari sehingga membuat resah masyarakat sekitar.

(Ilustrasi, Sumber: Pixabay.com)

Pada akhir pekan lalu, salah satu pengendara Ojek Online menjadi korban anarkisme mereka dengan luka di wajahnya, kejadian tersebut terjadi pada hari Sabtu 1/2/2020 di Sleman saat korban sedang mengantarkan penumpang.

Diharapkan kejadian tersebut merupakan kejadian terakhir yang mengakibatkan jatuhnya korban, pengawasan dari kepolisian sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan dan mengurangi keresahan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya saat ini.

Sungguh ironis apabila ini terus menerus terjadi. Selain pengawasan lapangan oleh pihak Kepolisian daerah, pengawasan orang tua para “Klitih” ini terhadap anak-anak mereka juga berperan sebagai kunci dari fenomena ini. Amat disayangkan hal ini seakan menjadi bagian dari gaya hidup segelintir anar-anak muda yang masih memiliki kesempatan besar di masa depan. Bukannya sibuk meniti masa depan, malah sibuk melakukan kekerasan dan merugikan orang lain. Tentunya nilai-nilai norma dan logika kehidupan perlu ditekankan pada anak-anak tersebut agak kejadian-kejadian yang tidak perlu terjadi dan dapat dihindari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blogs

Group Members does not create any posts yet