Mon. Mar 30th, 2020

Penerimaan Formasi CPNS 2020 “mungkin” dibuka bulan 9 tahun ini.

Menurut Paryono selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN, beliau menyatakan tidak menutup kemungkinan adanya pembukaan formasi CPNS 2020 yang akan diselenggarakan beberapa bulan ke depan, meskipun masih dalam proses kajian. Artinya, kepastian itu masih “abu-abu”, hal itu juga berkaitan dengan masih berlangsungnya proses penerimaan formasi CPNS 2019.

Pada prinsipnya, penerimaan CPNS dalam beberapa waktu terkahir adalah untuk mengisi kursi-kursi PNS yang sudah pensiun, bukan karena ekspansi dari bisang kerja atau pemerintah daerah sehingga berakibat “demand” SDM yang membengkak.

Pertimbangan adanya pembukaan formasi CPNS 2020 dilatarbelakangi juga dari beberapa lembaga pemerintahan maupun pemerintah daerah yang tidak membuka lowongan di tahun 2019 seperti Kemenpar dan Ekonomi Kreatif. Paryono juga menjelaskan bahwa diharapkan lembaga pemerintahan maupun pemerintah daerah dapat menyampaikan kebutuhannya sehingga bisa jadi bahan pertimbangan dalam pembukaan formasi CPNS 2020 nantinya.

Di tahun 2020 ini, jumlah tenaga kerja semakin banyak, sementara pertumbuhan lapangan pekerjaan belum dapat mengimbanginya sehingga fenomena pembukaan CPNS ini seakan seperti oase bagi para jobseeker tak terkecuali dari generasi milenial. Menjadi PNS dirasa pilihan yang paling ideal untuk meniti karir karena ada beberapa keuntungan yang didapatkan oleh pemegang status tersebut, selain jaminan hidup yang tergolong lengkap, masih adanya anggapan memiliki previllege tersendiri atau sebuah kebanggaan akan status yang disandang yakni “pejabat” atau yang masih di level staf dengan status “calon pejabat” juga merupakan faktor yang melatarbelakangi banyaknya peminat milenial terhadap lowongan CPNS. Faktor lain seperti latar belakang keluarga, lokasi tempat tinggal dan rencana hidup juga menjadi pertimbangan generasi baru Indonesia untuk menjadi seorang “Abdi Negara”.

Sebenarnya sah-sah saja apabila generasi baru Indonesia menaruh minat yang besar untuk menjadi seorang PNS, akan tetapi apakah mereka sudah tahu “dunia” apa yang menunggu mereka di dalam sana? Sanggupkah mereka meredam naluri alami mereka sebagai anak muda yang haus akan ilmu, inovasi, dan perkembangan diri?

Nanti akan kita bahas lebih lanjut tentang fakta bahwa mindset milenial dan sistem kerja PNS yang sebenarnya agak “bergesekan” berdasarkan karakter milenial yang independen, idealis, dan dinamis. Padahal dengan potensi tersebut, milenial sangat mampu untuk menjadi seorang Pembeda” yang dapat menjawab tantangan minimnya lapangan pekerjaan saat ini, memberikan kemajuan bagi bangsa atau mungkin dunia dengan ide-ide mereka, bukan hanya sekedar bekerja menuruti kepentingan. Kami akan menyiapkan halaman khusus untuk membahas topik ini, diharap pembaca dapat memberikan pendapatnya secara leluasa di halaman tersebut nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blogs

Group Members does not create any posts yet