Mon. Mar 30th, 2020

Salmon Curry

Salmon Curry ini cukup simpel kok dan bisa nambah list favorit kalian buat makan di rumah

Gugah selera makan kalian sekaligus lawan kebosanan dengan kegiatan yang bermanfaat, paling nggak buat kalian sendiri. Apalagi di situasi self-isolation seperti sekarang, asupan kalori ga boleh kurang lho untuk mencegah gangguan virus-virus jahat. Salmon Curry ini cukup simpel kok dan bisa nambah list favorit kalian buat makan di rumah

Bahan :
Untuk Kari (Curry)
1 sdm minyak sayur
1 bawang bombay besar, cincang halus
¼ sdt bubuk cabe kering
½ sdt biji Kelabat, dipanggang dan ditumbuk di ulekan
Adas bintang 1
1 sdt biji jintan
1 sdt ketumbar
1 sdt biji mustard
1 sdt biji adas
4–5 buah kapulaga hijau, biji dikeluarkan dan ditumbuk sampai jadi bubuk
½ sdt kunyit
1 sdt garam masala
2 siung bawang putih, dilumatkan
Jahe segar 2,5 cm / 1 potong, dikupas dan diparut halus
1 sdt garam laut
400 g tomat cincang timah
4 sendok makan krim kelapa
300ml / 10fl oz kaldu ikan

Untuk Salmon
500g / 1lb 2oz fillet salmon, dikuliti, tulang dihilangkan dan dipotong menjadi potongan-potongan seukuran gigitan
Ketumbar cincang segar, untuk hiasan
Garam laut dan lada hitam yang baru ditumbuk dilumuri ke Salmon

Untuk Keripik Kentang (Opsional)
4 kentang putih ukuran sedang-besar, dikupas dan dipotong menjadi keripik tebal
minyak sayur, untuk menggoreng

Langkah Masak
Untuk kari, panaskan minyak dalam panci besar di atas api sedang. Tambahkan bawang dan goreng selama 6-8 menit, sampai lunak.

Tambahkan serpih cabai, biji kelabat, adas bintang, biji jintan, ketumbar, biji adas, kapulaga, kunyit dan garam masala. Goreng selama 1-2 menit, sambil diaduk, sampai aromatik.

Aduk bawang putih dan jahe, lalu goreng sebentar. Tambahkan garam laut. Jika campuran itu kering, tambahkan percikan air agar bumbu tidak lengket ke wajan dan bakar.

Tambahkan tomat dan krim kelapa. Masak selama 10-15 menit dengan api sedang-rendah, aduk terus. Minyak di permukaan campuran berubah warna saat siap. Cicipi untuk mengecek level bumbu dan rempah-rempah dan sesuaikan sesuai kebutuhan. Tambahkan kaldu ikan dan lanjutkan memasak selama 10 menit, atau sampai mengental.

Sementara itu, untuk keripik (jika dibuat), rebus kentang dalam panci berisi air mendidih selama 6-8 menit, atau sampai ujungnya mulai melunak. Tiriskan, lalu oleskan di atas loyang yang dilapisi kertas dapur dan biarkan dingin dan kering. Isi setengah panci besar atau penggorengan lemak dalam dengan minyak sayur dan panaskan ke 180C. (PERHATIAN: minyak panas bisa berbahaya. Jangan biarkan tanpa pengawasan.) Tambahkan keripik dengan hati-hati dalam batch dan masak selama 3-4 menit, atau sampai berwarna cokelat keemasan dan lunak. Hapus menggunakan sendok berlubang dan biarkan mengalir di atas kertas dapur. Taburi dengan garam laut.

Lanjut ke kari dengan menempatkan salmon dengan lembut di dalam campuran tomat dan aduk perlahan untuk melapisi saus. Didihkan, tutup dengan tutup dan kurangi panasnya sampai mendidih. Masak selama 4-5 menit, berhati-hatilah untuk tidak terlalu lama memasak ikan, lalu angkat dari api.

Untuk menyajikan, hiasi kari dengan ketumbar cincang dan sajikan dengan keripik.

TIPS / CHEAT
BIAR LEBIH GAMPANG, kalian bisa pakai bumbu rempah-rempah kari yang udah jadi (sapujagat), bisa beli di pasar atau dengan kondisi sekarang bisa cari di Marketplace, (Tok*pedia, Sh*pee dll) keywordnya BUMBU MASAK WARUNG PADANG. Begitu juga Salmonnya, bisa beli Online juga.

Have a nice day/week/month/ sampai pandemi ini mereda, bye! kalau enak jangan lupa pamer ke Cep Arnol di twitter!

Sumber : Best Home Cook
Terjemahan dari Resep “Salmon Curry” oleh Sarah Woods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Blogs

Group Members does not create any posts yet